06 February 2013

Tentang Leopard Gecko

gecko monster7-gecko
Mungkin beberapa dari anda merasa masih asing mendengar / melihat leopard gecko. Atau bagi yang pernah mendengar justru jijik melihat wujud si gecko. Tidak salah, karena leopard gecko merupakan keluarga dekat dari tokek yang sering ditemui disudut sudut rumah. Disebut dengan istilah leopard karena motif di tubuh reptil ini berupa tutul seperti macan tutul. Dalam pemeliharaannya, leopard gecko membutuhkan perhatian yang cukup agar dapat hidup sehat dan berkembang biak. Dibawah ini diuraikan secara singkat mengenai keluarga tokek ini.

Leopard gecko atau Eublepharis macularius adalah sejenis tokek yang hidup di permukaan tanah dan aktif pada malam hari. Leopard gecko ditemukan di Pakistan, India, Afghanistan dan Iran dimana terdapat dataran yang kering dan berbatu. Leopard gecko dianggap sebagai salah satu hewan yang umum di industri reptil saat ini. Leopard gecko adalah di antara tokek dengan orang dewasa terbesar mencapai panjang sekitar 8 atau 9 inci. Kebanyakan leopard geckos memiliki latar belakang kuning dengan bintik-bintik cokelat menutupi orang-orang dewasa. Leopard gecko remaja memiliki pola yang bergaris didominasi memudar ke pola sesuai dengan perkembangan usia. Mereka juga memiliki telinga luar yang sangat jelas dan berbeda dari banyak tokek di kelopak mata mereka dan kurangnya perekat lamel, yang berarti mereka tidak dapat berjalan pada dinding vertikal yang permukaannya halus. Leopard gecko adalah hewan peliharaan yang sangat baik. Mereka kecil, memiliki persyaratan perawatan yang minimal dan dapat ditinggal dalam beberapa hari. Mereka tenang, tidak berbau dan tidak perlu perhatian. Bukan hanya mudah dipelihara, leopard gecko juga relatif mudah dibiakkan.


Makanan dan Diet
Pakan utama leopard gecko adalah serangga. Serangga yang paling umum tersedia adalah jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman, cacing lilin dan cacing sutera.

Jangkrik
Jangkrik merupakan sumber gizi dan makanan yang baik bagi leopard gecko. Anda harus “gut load’ jangkrik anda sebelum diberikan pada gecko. “Gut loading” adalah memastikan bahwa jangkrik diberi makan dengan baik. dengan cara ini mereka melewati jumlah maksimum nutrisi ke gecko. Melengkapi diet suplemen vitamin dan mineral adalah bagian penting dari makanan leopard gecko. Kalsium adalah mineral yang paling penting dan harus tersedia bagi gecko. Serangga pengumpan juga harus dilapisi dengan bubuk kalsium sebelum makan. Vitamin juga merupakan bagian penting dari diet gecko, namun harus digunakan dengan hemat dan tidak pada hari yang sama dengan kalsium.

Kandang dan habitat
Akuarium atau terrarium paling cocok dijadikan sebagai kandang dari leopard gecko. Kandang kaca sudah tersedia dan relative murah. Sebuah aturan yang baik adalah 10 galon per ekor gecko.jadi, jika memiliki dua ekor gecko 20-30 galon akan bekerja dengan baik. Sebuah penyaring diatas akuarium atau terrarium juga diperlukan. Ini akan mencegah gecko untuk melarikan diri dan mencegah hewan lainnya menggganggu gecko.

Dekorasi dan perlengkapan
Dalam dekorasi diperlukan adanya substrat. Substrat dapat menggunakan pasir, kertas handuk, Koran, atau karpet reptil. Sebuah tempat untuk bersembunyi gecko juga diperlukan. Kandang juga akan membutuhkan mangkuk makanan, mangkuk kalsium dan air minumnya. Pastikan bahwa semua dekorasi aman.

Pencahayaan dan pemanasan
Leopard gecko aktif di malam hari sehingga lampu UV (ultra violet) khusus atau lampu berjemur diperlukan. Sebuah lampu dengan bola lampu pijar biasa di satu sisi kandang akan dapat menghangatkan suhu kandang. Jangan menggunakan batu panas. Gecko mungkin tidak tahu jika suhu terlalu panas dan bisa terbakar. Gecko membutuhkan akses ke daerah basah untuk membantu pelepasan suhu badannya.

Membersihkan kandang
Membersihkan kandang leopard gecko cukup cepat dan mudah. Kotoran mereka kering dan solid. Gecko adalah makhluk yang biasa buang air di tempat yang sama. Gunakan jarring ikan, skop atau sendok untuk membersihkan kotoran sekali atau dua kali seminggu.

Perkembangbiakkan (breeding)
Mengembangbiakkan leopard gecko
Perkembangbiakkan leopard gecko bukanlah soal yang sulit. Hal ini tidak biasa bagi peternak baru untuk sukses di usaha pertama. Anda harus memiliki leopard gecko jantan dan betina yang sehat untuk mendapatkan telur yang subur.

Indukan
Gunakan indukan yang sudah cukup umur untuk breeding. Idealnya induk berusia setahun, untuk induk betina. Sementara induk jantan lebih cepat matang, umur 8 bulan sudah bisa digunakan sebagai bahan indukan. Gecko bisa dibiakkan berpasangan. Dalam satu kandang breeding hanya berisi satu jantan dan satu betina. Namun bisa juga dilakukan cara yang lain yakni mengawinkan satu jantan dengan beberapa betina. Satu induk jantan memang bisa membuahi betina dalam tempo yang tidak terlalu lama. Cara breeding tidak berpasangan tentu bisa menghemat jumlah materi induk jantan yang dibutuhkan. Banyak breeder menggunakan satu jantan untuk membuahi 2 sampai 5 betina dalam satu kandang breeding.

Penjodohan dan Pengawinan
Mengawinkan leopard gecko tidak memerlukan perlakuan khusus. Materi indukan yang sudah memenuhi syarat umur hanya perlu dicampur di kandang breeding. Biasanya perkimpoian akan terjadi dengan sendirinya. Namun agar leopard gecko nyaman dan tidak stress, penempatan kandang sebaiknya diperhatikan. Lokasi breeding sebaiknya tidak terlalu terang, untuk menyesuaikan dengan sifat hidupnya yang nocturnal. Sebaiknya juga terjauh dari suara-suara yang bisa mengganggu, jadi lokasi yang digunakan tenang.

Kesehatan
Kesehatan leopard gecko. Leopard gecko dapat hidup lama dengan nutrisi yang baiak dan perawatan yang tepat. Hal ini tidak biasa bagi seekor kadal untuk hidup dua puluh tahun atau lebih. Bahkan dengan habitat yang baik dan diet, penyakit masih bisa terjadi. Anda harus menemukan seorang dokter hewan yang memilki pengalaman dengan binatang reptile sebelum timbul masalah kesehatan.


Masalah kesehatan dan penyakit:

Infeksi mulut
Hal ini dapat disebabkan oleh pertempuran, kandang yang kotor atau cedera disengaja. Sebuah tanda infeksi pembengkakan di sekitar mulut leopard gecko. Perawatan melibatkan pembersihan daerah kandang gecko dan mungjin menggunakan antibiotik oral.

Infeksi pernapasan
Sebuah infeksi saluran pernapasan dapat terjadi jika habitat leopard gecko terlalu dingin dalam waktu yang lama. Gelembung lendir pada lubang hidung dan sesak napas adalah tanda infeksi. Peningkatan suhu kandang biasanya akan memperbaiki masalah kesehatan.

Luka
Jika anda menyimpan gecko secara bersama-sama, pertempuran dapat terjadi dan dapat mengakibatkan cedera. Untuk mencegah pertempuran diharapkan tidak menyimpan lebih dari satu jantan leopard gecko dalam kandang. Pastikan ada cukup banyak tempat-tempat persembunyian untuk masing-masing gecko.

Sumber

3 comments: